Bahaya Kecanduan Game



Selain terdapat manfaat dalam bermain game seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, game juga mempunyai dampak negatif. Game dapat menyebabkan kecanduan, iya tentu saja hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan banyak  kerugian bagi kita. Kenapa? Tentu saja karena waktu kita lebih banyak tersita untuk bermain game. Ketika kita mulai mengalamai kecanduan bermain game maka game akan menjadi prioritas utama untuk kita, akibatnya kita akan mengesampingkan hal-hal yang lebih penting, tugas sekolah, pekerjaan, olahraga dan bahkan kebutuhan untuk makan dan minum. Sehingga hal tersebut juga diimbangi dengan menurunnya prestasi akademik atau pun karir yang juga dapat ikut ternganggu ketika kita mulai kecanduan bermain game.

Ketika waktu kita lebih banyak dihabiskan untuk bermain game, maka waktu untuk bersama-sama orang tercinta seperti keluarga, si kecil, pasangan anda dan teman-teman anda akan lebih terbatas. Hal ini bisa saja memperburuk hubungan kita dengan orang-orang tercinta kita.

Hal berikutnya ketika kita banyak menghabiskan waktu untuk bermain game, kita kan menjadi pemalas, tubuh kita akan pasif dan lebih banyak menghabiskan waktu dalam sebuah ruangan dimana ruangan tersebut digunakan untuk bermain game. Penampilan kita akan kurang fresh karena energy habis terkuras ketika bermain game, sehingga akan tampil tampak kelelahan.

Karena kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk menatap komputer, konsol atau gadget tanpa disadari tubuh kita  kurang beraktifitas, jarang bergerak dan jarang berkeringat sehingga alhasil kita akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, karena kita jarang beraktifitas di luar ruangan dan tidak terkena sinar matahari, tentunya penyakit akan lebih mudah untuk menyerang kesehatan kita.

Jadi hindarilah kecanduan dalam bermain game, tetapi akan lebih baik jika game tidak dijadikan sebagai prioritas yang utama, tetaplah bertanggung jawab dan selesaikan tugas yang harus diselesaikan dan jangan lupa untuk selalu melakukan kegiatan fisik dan olahraga serta diimbangi dengan makanan sehat serta perbanyak minum air mineral untuk menghindari dehidrasi. Untuk mengatasi kecanduan dalam bermain game menurut saya adalah dengan terus memainkan game tersebut hingga selesai dan sesering mungkin kita memainkannya, sehingga dengan cara tersebut akan menimbulkan rasa bosan dan kita pun akan mulai jenuh sehingga berhenti memainkan permainan tersebut.

Semoga bermanfaat...

1 Response to "Bahaya Kecanduan Game"

  1. Wynn Resort Las Vegas, Las Vegas, NV - MapYRO
    Find Wynn Resort Las Vegas, Las Vegas, NV, United States, ratings, 안동 출장마사지 photos, prices, expert advice, traveler 출장안마 reviews and 강릉 출장마사지 tips, and more 충청남도 출장샵 information from หารายได้เสริม

    ReplyDelete