Mengenal, Memilih dan Membersihkan Motherboard

Definisi dan Fungsi Motherboard

Jika kita ingin merakit sebuah komputer, komponen utamanya adalah motherboard. Soalnya secara teknis terjemahan motherboard adalah papan induk. Motherboard jadi bagian terpenting karena semua komponen dan bagian komputer akan dihubungkan olehnya. Pilihan chipset motherboard yang tepat akan mengoptimasi kerja komputer kita nantinya, karena chipset berfungsi untuk mengatur hubungan antara processor dan komponen lainnya. Chipset pada sebuah motherboard umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Pembagian Chipset Pada Motherboard
1. Nortbright
Beberapa kumpulan chipset yang berada di bagian Atas Motherboard, umumnya berfungsi untuk mengatur dan menghubungkan BUS processor, Memory utama dan BUS AGP.
2. Southbridge
Beberapa kumpulan chipset yang berada di bagian Bahawah Motherboar, umumnya berfungsi untuk mengatur dan menghubungkan IDE CONTROLLER, BUS PCI dan I/O Port.

Motherboard pada saat ini banyak variannya. Jika jaman dulu jika kita ingin merakit sebuah komputer biayanya berkali lipat, karena banyak komponen lain yang harus dibeli seperti USB card, VGA card, Sund card, LAN card dan banyak lainnya. Tapi sekarang motherboard sudah paket komplit seperti VGA Onboard, Souncard Onboard dan lain sebagainya. Motherboard dengan kebutuhan gaming pun sudah tersedia dengan segala fitur yang memudahkan penggunanya, termasuk sudah mendukung overclocking yang memudahkan bagi pengguna yang membutuhkan kinerja komputer dengan power yang maksimal.

Komponen-komponen yang belum terpasang pada motherboard adalah processor, heat sink,RAM (Random Acces Memmory), kabel Sata dan kabel data lainnya. Tentunya komponen-komponen diatas adalah komponen yang juga dapat menunjang kinerja komputer kita yang nantinya akan dihubungkan oleh motherboard.

Motherboard pada sekarang ini terdapat dua pilihan uang diciptakan berdasarkan kebutuhan processor yaitu processor Intel dan processor AMD. Jadi kembali lagi ke pilihan si pengguna, mau pake yang mana.


Emang motherboard mana yang bagus? Untuk Intel atau AMD?

Jawaban dari saya, dua-duanya bagus. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya kedua processor ini diciptakan untuk kebutuhan yang berbeda. Paling dasar yang untuk kebutuhan processor Intel, biasanya pengguna menggunakan processor Intel untuk kebutuhan mengolah grafis, video dan sebagainya yang membutuhkan kinerja rendering yang tinggi. Selain itu processor dari Intel dikenal dengan efesiensi daya listrik, jadi konsumsi listrik processor ini terbilang rendah. Tapi processor ini mempunya kekurangan yaitu harganya yang terbilang mahal dipasaran. Paling dasar untuk kebutuhan processor AMD, biasanya pengguna menggunakan processor AMD untuk keperluan gaming, AMD berhasil melahap game-game berat. Selain itu processor dari AMD dikenal dengan konsumsi daya yang tinggi, bahkan seri tertinggi processor dari AMD yaitu AMD Vishera FX-9590 mempunya TDP hingga 200 wat. Tapi processor ini banyak menjadi pilihan karena harganya terjangkau dipasaran.

Jenis motherboard berdasarkan ukurannya yang tersebar dipasaran Indonesia antara lain: Standard ATX, Micro ATX, Mini ITX, Nano ITX dan Pico ITX.

Berdasarkan socketnya, dipasaran terdapat 2 jenis motherboard, antara lain:

1. Motherboard Untuk Processor Intel

Sesuai dengan namanya, motherboar ini diciptakan untuk mendukung socket dari processor Intel. Adapun beberapa tipe socket motherboard untuk Intel yang beredar dipasaran untuk mendukung processor dari Intel, antara lain:
  • Socket LGA 775, socket ini mendukung processor Intel Pentium 4, Dual Core, Core 2 Duo dan Celeron. Jika anda masih menggunakannya termasuk saya, segeralah menabung untuk merakit komputer baru.
  • Socket 1366, socket ini mendukung processor Intel Core i7.
  • Socket LGA 2011, socket ini mendukung processor Intel Xeon dan Core i7.
  • Socket LGA 2011v3, socket ini mendukung processor Intel Haswell Series Core i7.
  • Socket LGA 1155, socket ini mendukung processor Intel Pentium G, Core i3 dan Core i5.
  • Socket LGA 1150, socket ini mendukung processor Intel Haswell Series Pentium G, Core i3, Core i5 dan Core i7.
  • Socket LGA 1151, socket ini mendukung processor Intel Skylake series Pentium G4400, Core i3, Core i5 dan Core i7.

2. Motherboar Untuk Processor AMD

Sesuai dengan namanya, motherboar ini diciptakan untuk mendukung socket dari processor AMD. Adapun beberapa tipe socket motherboard untuk AMD yang beredar dipasaran untuk mendukung processor dari Intel, antara lain:
  • Socket AM2/AM2+, socket ini mendukung processor AMD Sempron, Athlon dan phenom.
  • Socket AM3, socket ini mendukung processor AMD Sempron, Athlon dan Phenom.
  • Socket FM1, socket ini mendukung processor AMD Llano.
  • Socket AM3+, socket ini mendukung processor AMD Vishera FX, FX Zambesi, Phenom II, Athlon II dan Sempron.
  • Socket FM2, socket ini mendukung processor AMD Trinity dan Richland.
  • Socket AM1, socket ini mendukung processor AMD Sempron dan Athlon.
  • Socket FM2+, socket ini mendukung processor AMD Athlon, Godvari, Kaveri dan Kaveri Athlon.

Cara Membersihkan Motherboard
  • Peralatan yang disiapkan sebelum membersihkan motherboard:
  1. Obeng
  2. Kuas halus
  3. Pasta Processor (thermal paste)
  4. Penghapus pensil
  5. Larutan IPA (bisa dibeli di toko kimia).
  • Langkah-langkah dalam membersihkan Motherboard:
  1. Jangan gunakan vakum cleaner
  2. Lepaskan kabel power power suppy
  3. Lepaskan semua socket power pada motherboard
  4. Lepaskan RAM pada motherboard
  5. Lepaskan VGA Card dan semua komponen pada slot ekspansi atau PCI/PCI-E dan AGP
  6. Lepaskan Socket Pannel pada motherboard, jika anda takut lupa bisa dicatat, difoto atau melihat buku panduan motherboard
  7. Lepaskan heatsink atau pendingin processor
  8. Cabut kabel IDE atau pun Kabel Sata yang menempel pada motherboard
  9. Jika semua komponen sudah terlepas, lepaskan baut yang mengencangkan motherboard pada casing, letakkan pada posisi tertidur
  10. Lepaskan motherboard dari casing
  11. Bersihkan semua debu yang menempel pada papan motherboard terutama pada komponen kapasitor, transitor dan regulator dengan kuas halus
  12. Bersihkan semua slot seperti slot RAM dan slot ekspansi pada motherboard dengan menggunakan cairan IPA dengan kuas halus
  13. Bersihkan bagian socket processor dengan  kuas halus, kemudian lap dengan tisu
  14. Semua bagian yang memiliki pin seperti RAM dan VGA Card bersihkan dengan karet penghapus pensil bagian pin nya, usahakan jangan ada sisa karet penghapus yang terselip pada papan. Jika takut ada yang terselup, gunakanlah kertas untuk membersihkan pin. Juga bersihkan permukaanya dengan menggunakan kuas halus
  15. Bersihkan pendingin processor atau heatsing dari debu dengan menggunakan kuas halus.
  16. Oleskan pasta processor atau thermal paste pada processor, kemudian pasang kembali heatsink atau pendingin processor
  17. Setelah semuanya bersih dari debu, pasang kembali motherboard dengan urutan yang terbaik.

Cara Memilih Motherboard Baru atau pun Bekas

Setelah kita kenal yang namanya motherboard tentunya enggak akan terasa sulit lagi buat milih motherboard, berikut hal yang harus kita perhatikan kalo mau milih motherboard:
  1. Sesuaikan dengan budget atau tabungan simpanan anda.
  2. Bertanyalah sebelum membeli, bisa anda tanya ke embah google, forum, youtube atau pun teman sejawat.
  3. Perhatikan chipset motherboard tersebut mendukung processor pilihan anda serta kecepatan eksternal (External Bus) processor.
  4. Pilihlah motherboard yang memiliki chipset terbaru serta mendukung processor anda. Chipset terbaru nantinya berguna jika kita mau upgrade processor dan chipsetnya kompatible atau sesuai dengan processor keluaran terbaru.
  5. Pilihlah motherboard yang memiliki fitur terbaru, nantinya hal ini akan memudahkan kita buat mau upgrade komponen kaya processor, RAM, VGA atau pun Update BIOS. Misalnya memiliki slot ekspansi dan slot ram yang lebih banyak. Sekarang ini dalah motherboard yang mendukung RAM socket DDR 4 serta memiliki slot untuk RAM yang banyak. Mendukung USB 3.1, model ini merupakan model terbaru pada sekarang.
  6. Untuk merek, carilah produsen merek terkenal dan terbuktin kualitasnya. Hal yang paling penting adalah produsen yang gampang buat mengklaim garansi jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.
  7. Jika kita membeli bekas usahakan bukan barang service atau beberapa komponenya telah diganti, perhatikan kapasitor (elco). Karena perbaikan yang terjadi pada motherboard umunya adalah penggantian komponen kapasitor (elco) dan transitor. Kita bisa amengenalinya melalui bekas solderan yang tidak serapih pabrik.




1 Response to "Mengenal, Memilih dan Membersihkan Motherboard"