Manfaat Bermain Game



Kabar gembira untuk anda yang sudah senang bermain game, soalnya manfaat main game ternyata bukan sekedar hiburan untuk mengilangkan stress saja. Meskipun main game banyak dipandang sebelah mata solnya dianggap buang-buang waktu. Kabar baik juga bagi para orang tua supaya1 tidak perlu terlalu cemas karena anaknya kecanduan bermin game. Karena ternyata bermain game butuh perencaan atau strategi, hal ini merangsang otak kita supaya teetap produktif dan berkembang.

Bermain game juga dapat meingkatkat konsentrasi dan koordinasi antara mata dengan tangan untuk cepat dan akurat dalam pengambilan keputusan agar game yang kita mainkan tidak berakhir. Koordinasi mata tangan merupakan sebuah keterampilan penting yang diperlukan dalam situasi kehidupan nyata.

Game juga bisa membuat kita terhindar dari kegiatan ekstream loh. Misalnya yang sedang popular di kalangan anak muda Indonesia sekarang ini adalah cornering alias memacu sepeda motor pada kecepatan tinggi saat melintasi pengkolan bukan tikungan, akan lebig berbahaya lagi tentunya jika aksi ini dilakukan di jalanan umum bukan di sirkuit. Dari pada kita membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, lebih baik cornering di simulasinya aja alias game. Selain itu banyak juga kok game yang rame dan bisa dimainin keroyokan. 

Ketika main game di mode multiplayer alias game yang rame dimainin keroyokan, kita bisa nambah temen atau bahkan lebih akrab dengan keluarga jika kita bermain dengan sodara, paman atau bahkan dengan kakek dan nenek. Ketika kita bermain game bersama akan cenderung lebih mudah membangun hubungan karena terbawa suasana yang santai. Game multiplayer juga melatih kerjasama antara team.

Banyak juga game-game yang dapat menambah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah atau pun kemajuan teknologi pada saat ini yang dapat mengasah kemampuan ingatan kita. Game juga dapat membuat kita terhindar dari yang namanya gaptek alias gagap teknologi. Contohnya ketika kita bermain game secara bermasaan kita akan belajar lebih banyak tentang penggunaan IT seperti mendownload file, mengambil screen shot, mengupload informasi dan juga banyak lagi lainnya.

Bermain game juga meningkatkan kewaspadan, waw. Jika kita terbiasa menggunakan headset saat bermain game, terlebih jika permainan yang dimainkan adalah game FPS atau game perang, ketika bersembunyi kita selalu berusaha mendengarkan langkah kaki untuk mengetahui posisi munculnya musuh, maka di dunia nyata pun kita akan lebih waspada dan sensitif dalam mengamati suara-suara dan keadaan sekitar kita.

Meskipun ada sejumlah aspek positif dari bermain game namun harus tetap mengenal batasannya, terlalu bermain game juga membuat seseorang kecanduan dan malas. Hal ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Setelah membaca aritikel ini, masih yakin bermain game gak ada manfaatnya?

0 Response to "Manfaat Bermain Game"